Oenni – Dalam beberapa waktu terakhir, jumlah penggemar Korean Pop atau K-Pop di tanah air semakin meningkat. Terlebih, pandemi Covid-19 membuat sebagian besar orang mulai menghabiskan waktunya untuk menikmati karya para artis dari Negeri Ginseng tersebut.
Berdasarkan hasil riset salah satu perusahaan pembanding harga di berbagai e-commerce, iPrice Group, mengungkapkan bahwa rata-rata Kpopers (nama sebutan pecinta K-Pop) bisa mengeluarkan uang hingga Rp20 juta dalam setahun untuk mendukung idolanya.
Menurut riset yang telah mengkalkulasikan rata-rata harga merchandise, tiket konser, dan album para artis K-Pop ini, ARMY (nama sebutan fans BTS) menjadi fandom yang paling loyal kepada Kim Namjoon dan enam member BTS lainnya. Penggemar BTS bisa mengeluarkan uang hingga Rp20,4 juta untuk mendukung para member Bangtan ini.
Selain album, para fandom ‘ungu’ ini juga menyalurkan uangnya untuk menghadiri setidaknya lima konser dan membeli sejumlah merchandise yang tersedia. Belum lagi untuk sejumlah produk yang berkolaborasi dengan BTS.
Secara rinci, dalam kurun waktu satu tahun setidaknya ARMY menghabiskan masing-masing Rp7,8 juta untuk tiket konser serta merchandise dan Rp4,8 juta untuk album atau EPs.
Di posisi kedua menyusul ARMY adalah fans grup K-pop Twice. Once, sebutan untuk penggemar Jihyo dan kawan-kawan, bisa menggelontorkan uang hingga Rp12 juta untuk mendukung girlband di bawah naungan JYP Entertainment ini. Dalam kurun waktu satu tahun, Once mampu membayar hingga Rp3,1 juta untuk mendengarkan karya Twice melalui album atau EPs yang diluncurkan.